Unknown
PERKEMBANGAN SENI PADA ANAK

Adit adalah seorang anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar Negeri 10 Palembang, ida adalah anak satu-satunya dari Bapak Hendra dan Ibu Yani. Selain tiu Adit dikenal sama teman-temannya seorang yang riang, lucu dan kreatif.
Disuatu hari Adit pernah saya ajak main kerumah denga maksud untuk bermain denga adik saya (Ana). Setelah mereka bermain, suasana rumah jadi ramai.
Adit juga mempunyai sifat pemarah dan suka menyapa orang yang tidak dikena, baik yang sebaya maupun yang lebih tua. Pada hari minggu Adit main dengan adik saya di rumah, kemudia saya mengajak adik saya belajar mainkan suatu alat musik, kebetulan dirumah ada sebuah alat-alat musik bend. Satu persatu semua alat musik saya perkenalkan sama mereka mulai dari gitar, drum, keyboard, dll.
Disaat Adit saya suruh bernyanyi, ternyata Adit mempunyai suara yang sangat bagus. Dalam segi ala vokal, ternyata Adit pernah menjuarai festival dalam sebuah ajang dalam rengka menyambut HUT RI Ke-60 dalam menyanyikan lagu Indonesia Raya.
Hari kemudia Adit saya ajarkan untuk memainkan alat musik keyboard, mualai dari mengenal tanda tangga sampai mempraktekkannya. Pertama kali saya mengajarkan mulai dari do, re, mi, fa, so, la, si, do. Satu persatu saya ajarkan untuk menekan tuts keyboard, ternyata Adit pun sedikit bisa untuk menekannya. Cuma saja dia sedikit kaku dalam penekanan-penekanan tuts keyboard, itupn karena ia masih dalam tahap belajar.
Waktu demi waktu Adit semakin bisa untuk memainkan alat musik keyboard. Setelah dia mengerti letak dan tangga nadanya, dia semakin semangat untuk melafalkannya dan menyanyikan lagu. Waktu itupun saya langsung memberikan Adit sebuah teks dengan judul lagu nasional yaitu “Syukur” sebagai berikut :
Dari yakin ku teguh
Hati ikhlas ku penuh
Akan karunia-Mu
Tanah air pusaka
Indonesia tercinta
Syukur aku sembahkan
Kehadiran-Mu tuhan.

Adit pun merasa senang karena ia memiliki seni musik pada dirinya, ia pun berharap dikemudian hari ia bisa mengajarkan teman-temannya yang lain.
Perkemabangan anak Indonesia dalam seni musik sangat pesat. Seperti dalam acara televisi, disanpun sering diadakan berbagai macam lomba dalam memainkan alat-alat musik.
Akupun berharapa dikemudian hari Adit dapat memiliki suatu ilmu seni yang dapat dibanggakan. Apalagi seni di Indonesia ini dari zaman ke zaman semakin maju. Seni mempunyai beberapa disiplin kita ambil salah satu contoh menurut Ki Hajar Dewantara, menurut ia, seni merupakan perbuatan manusia (pengubah) yang timbul dari perasaannya dan bersifat indah, sehingga dapat menggerakan jiwa dan perasaan manusia (penerima).
Indonesia mempunyai cabang-cabang seni, berdasarkan perkembangannya di masyarakat. Seni digolongkan menajdi 5 cabang yang mempunyai kesatuan dan keterkaitan, yaitu :
1) Seni Rupa.
2) Seni Musik.
3) Seni Tari.
4) Seni Sastra, dan
5) Seni Teater
Untuk itu marilah kita menjaga nilai-nilai seni yang terdapat pada diri kita, karena disinilah kita dapat merasakan dalam pengalaman hidup sehari-hari. Betapa kita sangat membuthkan sarana berekreasi dan menikmati keindahan dalam berbagai bentuk, karena seni juga dapat dijadikan sebagai melepas kejenuhan atau dapat mengurangi rasa sedih pada diri kita.
0 Responses

Posting Komentar

Silahkan nikmati apa yang kami sajikan, semoga bermanfaat, tinggalkan pesan anda jika ada hal yang anda butuhkan tetang apapun, semoga kami bisa membantu anda semua.